Rahmat Allah

Februari 23, 2008 at 7:40 am (Artikel)

rahmat.jpgRahmat Allah merupakan sesuatu yang sangat didambakan oleh setiap orang yang beriman karena dengan rahmat Allah tersebut membuat kehidupan seseorang lebih bermakna dan berarti. ketika seseorang mendapat rahmat dari Allah SWT, walaupun ia memiliki kedudukan atau status sosial yang tinggi (elite) dalam masyarakat baik karena ilmunya, pangkatnya maupun hartanya, maka kedudukan dan status sosial yang tinggi itu tidak membuatnya lupa diri dan lupa daratan, melainkan membuatnya semakin menyadari akan kedudukan dirinya sebagai hamba Allah yang harus selalu bersyukur dan berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT.
Dengan rahmat Allah ia akan memfungsikan kedudukan dan status sosial yang tinggi tersebut untuk hal-hal yang mendatangkan manfaat dan kemaslahatan bagi sesamanya. Sedangkan bagi orang yang tergolong fakir dan miskin, dengan rahmat Allah kefakiran dan kemiskinannya tidak membuatnya putus asa melainkan menjdikannya seseorang yang ikhlas dan optimis akan karunia Allah.
Orang yang mendapat rahmat Allah baik yang ditakdirkan sebagai orang yang berkedudukan tinggi atau rendah, orang kaya atau miskin, hidupnya tetap penuh dengan kesenangan dan ketentraman. Sebaliknya seseorang yang tidak mendapat kasih sayang (limpahan rahmat) walaupun memiliki kedudukan yang tinggi, harta berlimpah, maka kedudukan dan hartanya tidak membuat hidupnya menjadi tentram, melaikan penuh dengan kegelisahan dan merasa terancam.
Rahmat Allah merupakan karunia yang dilimpahkan oleh Allah siapa yang dikehendaki-Nya. Sebagai hamba Allah kita harus berusaha untuk mendapatkan rahmat itu dengan jalan berdo’a dan mendekatkan diri kepada-Nya dengan jalan mematuhi segala yang diperintah dan menjauhi segala yang dilarang oleh Allah SWT, agar berkenan melimpahkan rahmat-Nya.
Nabi Muhammad saw pernah bersabda yang terjemahannya seagai berikut :
” Allah merahmati orang yang dapat menjaga tutur katanya, memahami zaman (dimana ia hidup) dan istiqomah dalam hidupnya”. (Riwayat Ad-Jailani dari Ibnu Abbas)
Berdasarkan Sabda Nabi diatas ada tiga hal yang harus kita perhatikan agar dirahmati oleh Allah SWT.
1. Menjaga Tutur Kata
Dalam kehidupan manusia di dunia ini, lidah memegang peranan penting karena lidah merupakan alat komunikasi utama manusia yang paling aktual, baik manusia yang primitif maupun yang hidup di zaman modern seperti sekarang ini. Allah berfirman :

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan Katakanlah Perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. dan Barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, Maka Sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar. (QS. AL-Ahzab ayat 70-71)

2. Memahami Zaman
3. Bersikap Istiqamah
Sikap ini harus dimiliki oleh setiap muslim kapanpun dan dimanapun ia berada sehinga rahmat, ketenangan dan ketentraman hidup dapat dirasakan dan dinikmati. Sebagaimana firman Allah :

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan Katakan Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan Kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, Maka Malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (QS. AL-Fushilat ayat 30)

1 Komentar

  1. oRiDo said,

    nah itu yg ketiga..
    yg terpenting adalah istiqamah…
    insyaAllah..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: