Catatan Kecil Tentang Persahabatan

Februari 16, 2008 at 1:36 am (Artikel)

persahabatan.jpgSahabat adalah kebutuhan jiwa yang mendapat imbangan. Dia dapat dikatakan ladang hati yang dapat kau taburi dengan kasih dan kemudian kamu pungut buahnya dengan penuh rasa terima kasih. Dia membawa usungan sejuk keteduhan dirimu karena kamu menghampirinya di kala hati gersang kelaparan dan mencari di kala jiwamu membutuhkan kedamaian……….

Bila dia menyatakan fikirannya kau tiada menakuti bisikan “tidak” di kalbumu, pun tiada kamu takuti melahirkan kata “ya”. Dan bila mana dia diadu, kemudian ia terbungkam tanpa bicara, hatimu tiada kan henti mencoba menangkap bahasa hatinya karena dalam rangkuman persahabatan rangkaian kata, segala fikiran, harapan dari keinginan dicetuskan bersama dan didukung bersama dengan suka cita yang utuh……….

Dalam manisnya persahabatan usahakanlah mempersembahkan yang terindah demi persahabatan itu. Jika harus tahu musim surutmu biarlah dia mengenal pula masa pasangmu dan siapapun sahabatmu itu janganlah kamu mendekatinya hanya untuk bersama menghidupkan sang waktu sebab sahabat itu adalah orang yang dapat mengisi kekuranganmu bukan untuk mengisi keisenganmu……..

Tiap-tiap benda yang ada di ala mini tegak sendiri, begitu juga tiap-tiap manusia mempunyai prikehidupan sendiri yang berjalan sendiri. Ada rahasia kehidupan yang perlu disembunyikan dan ada pula yang dapat dinyatakan kepada orang lain yah menyanyilah engkau, menyanyilah perdengarkan “lagumu” kepada sahabatmu yang kamu percayai entah siapapun dia keluarkan suara yang tersekat di tenggorokanmu, di dadamu pada orang yang kau anggap dekat denganmu, keluarkan semua hingga terkikis segala yang menyesakkan dada…….

Kenapa persahabatan mesti disangsikan? Bukankah persahabatan abadi tak dihitung dengan angka-angka? Dan tak mengenal memberi banyak atau memberi sedikit…….?

Jangan ada tujuan lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya kejiwaan, sebab kasih yang mengandung pamrih di luar misterinya sendiri adalah bukan kasih namun merupakan jaring yang sengaja ditebarkan yang bertujuan hanya untuk menangkap yang tiada diharapkan……….

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa manusia perlu mempunyai sahabat untuk saling mengisi kekurangan dan saling memberi kelebihan agar hidup tak sekedar berlalu, tapi janganlah seperti lilin yang menerangi alam sekitarnya tetapi membakar dirinya…………

Persahabatan seringkali diakhiri dengan percintaan tetapi alangkah baik dan bahagianya bila percintaan itu diakhiri dengan persahabatan, yah kalaupun suatu saat persahabatan itu akan terhenti maka relakan ia pergi bagai angin yang mengelus pantai dan kebiruan laut, pada daun dan bunga ia tinggalkan serbuk pada hati ia tinggalkan kenangan manis yang tak kan terlupakan. Disana atau disini pernah ada jalinan persahabatan antara AKU dan KAMU

4 Komentar

  1. linda said,

    lumayan…….enak jg untuk bacaan…….

  2. cah setuan said,

    menyentuh…

  3. namira said,

    WetzZZ!!
    kRenDzz bNGeTtd nIe cTAtan…
    I LIKE

  4. Ida Wahida said,

    setuju,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: